Indonesia For Sale [Download pdf] - Dandhy Dwi Laksono

Judul Ebook : Indonesia For Sale

Tebal Ebook : 332 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Aku pernah iseng memajang bendera kecil Partai Komunis China (PKC) di meja, persis hari pertama masuk kerja di sebuah kantor media. Mulanya aman-aman saja. Tapi beberapa hari kemudian ada yang menurunkan, meski hanya dibiarkan tergeletak di meja. Kuanggap itu peringatan belaka. Namun karena kupasang lagi, tiga hari setelahnya bendera itu benar-benar hilang. 

Beberapa waktu kemudian, yang aku pajang adalah bendera Amerika: The Stars and Stripes. Tak tanggung-tanggung, ukuran upacara! Hasilnya sungguh luar biasa. Tak ada yang (berani) menyentuh. Begitu juga dengan bendera Inggris: Union Jack. 

Hanya, ada yang janggal: tiada perasaan khawatir dituding sebagai agen negara kapitalis yang menyusup ke kantor media saat memasang bendera kedua negara itu. Beda rasa deg-degan-nya ketika memajang bendera PKC. Saat itu ada sejumput was-was dianggap hantu komunis yang gemar melakukan agitasi lewat media televisi.

Lain kesempatan aku pasang tiga bendera sekaligus: Iran, Israel, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Yang hilang hanya si Bintang Daud. Kali ini tanpa peringatan pencopotan lebih dulu. Sementara bendera Iran dan PBB duduk manis di tempatnya. Barangkali ada penggemar fanatik Israel.

Waktu rekan kerjaku, Putra Nababan, pergi ke Vietnam, aku nitip selembar bendera ukuran upacara: merah menyala dengan bintang kuning emas segi lima di bagian tengah. Dia bahkan memberi bonus poster kain bergambar Ho Chi Minh (1890-1969), sang proklamator kemerdekaan yang juga tokoh komunis. Tapi Putra bukan komunis. Dia termasuk jurnalis bermazhab “NKRI harga mati”.

 BACA ONLINE Dandhy Dwi Laksono
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments