Mulai dari Hati - Menjaga yang Bening, Memperbaiki yang Berkarat [download pdf] - Riki Suardi

Judul Ebook : Mulai dari Hati

Tebal Ebook : 204 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Setiap manusia dikaruniai potensi besar yang harus dijaga sepanjang hidupnya. Potensi yang menujukan jalan yang akan dilalui semasa hidup dan tempat yang akan di tinggali setelah mati. Potensi yang membuat sebagian manusia mampu meraih kebahagian hidup secara duniawi tetapi sengsara secara ukhrawi. sebagian manusia mampu menggunakan potensi ini dengan baik, sehingga memperoleh keuntungan tak terhingga baik dari sisi duniawi, maupun dari sisi ukhrawi. Sebagian lainnya, belum bisa menyeimbangkan keduanya. Potensi tersebut kita kenal dengan sebutan hati. Allah berfirman dalam Al-Quran:

"Sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya." (QS.Asy-Syams:9-10)

Karenanya, sangatlah penting bagi seseorang mukmin untuk memahami pentingnya kebersihan dan kedudukannya dalam islam. Dalam Mu'jam Al-Lughah, ada dua pengertian hati yang dijelaskan sebagai berikut.

1. Menunjuk pada bagian yang paling murni dan paling mulia dalam satu hal

2. Menunjuk pada sesuatu makna mengubah dan membalikkan sesuatu dari posisi kelapda posisi yang lain

Kedua Makna tersebut sejalan etimologi hati dalam bahasa Arab yang dinamai dengan beberapa nama, di antaranya al-qalbu, al-fuadu, dan ashshadru. Dinamakan qalbu karena hati merupakan pusat dari tubuh menusia sebagaimana kota Mekah yang dinamai sebagai qalbu ardhi. Artinya, segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia di tentukan oleh kondisi hatinya.


 BACA ONLINE Riki Suardi
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments