Koleksi Ebook Bung Karno (Ir. Soekarno), Penyambung Lidah Rakyat


Bung Karno
...................................
Anak dari pasangan Raden Soekemi Sosrodhihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai Ir. Soekarno atau yang lebih akrab di panggil Bung Karno lahir 6 Juni 1901 Surabaya, Jawa Timur. Meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun.

Soekarno pertama kali bersekolah di Tulung Agung hingga akhirnya dia ikut kedua orangtuanya pindah ke Mojokerto. Di Mojokerto, Soekarno dimasukan ke Eerste Inlandse School Kemudian pad tahun 1911, Soekarno dipindahkan ke Europeesche Lagere School (ELS) untuk memudahkannya diterima di Hoogere Burger School (HBS).

Soekarno lulus pada tahun 1915 kemudian melanjutkan pendidikannya di HBS, Surabaya, Jawa Timur. Di Surabaya, Soekarno banyak bertemu dengan para tokoh dari Sarekat Islam, organisasi yang pada saat itu dipimpin oleh HOS Tjokroaminoto yang juga memberi tumpangan ketika Soekarno tinggal di Surabaya.

Dari sinilah, rasa nasionalisme dari dalam diri Soekarno Semakin terasa. Di tahun berikutnya, Soekarno mulai aktif dalam kegiatan organisasi pemuda Tri Koro Darmo yang dibentuk sebagai organisasi dari Budi Utomo. Nama organisasi tersebut kemudian Soekarno ganti menjadi Jong Java (Pemuda Jawa) pada 1918. 

Di tahun 1920 seusai tamat dari HBS, Soekarno melanjutkan studinya ke Technische Hoge School  atau yang sekarang disebut ITB (Institut Teknologi Bandung) dan mengambil jurusan teknik sipil.

Saat bersekolah di Hoge School, Soekarno tinggal di kediaman Haji Sanusi  anggota Sarekat Islam dan sahabat karib Tjokroaminoto. Melalui Haji Sanusi, Soekarno berinteraksi dengan Ki Hajar Dewantara, Tjipto Mangunkusumo dan Dr Douwes Dekker, yang saat itu merupakan pemimpin organisasi National Indische Partij.

Pada tahun 1926, Soekarno mendirikan Algemene Studie Club di Bandung yang diinspirasi dari Indonesische Studie Club (dipimpin oleh Dr Soetomo). Algemene Studie Club  yang dimana merupakan cikal bakal berdirinya Partai Nasional Indonesia pada tahun 1927.

Untuk lebih lanjutnya, saya telah menyediakan beberapa ebook karya Soekarno dan karya tulis lain di bawah ini yang mungkin berhungan dengannya, silahkan di  unduh semoga bermanfaat. 

.................................................

Dibawah Bendera Revolusi - Seokarno [UNDUH]
Sarina - Soekarno [UNDUH]
Indoneisa Menggugat - Soekarno [UNDUH]
Mencapai Indonesia Merdeka - Soekarno [UNDUH]
Bung Karno Sahabatku - Willem Oltmans [UNDUH]
Sukarno Marxisme dan Bahaya Pemfosilan - Ben Anderson dkk [UNDUH]
Penyambung Lidah Rakyat - BIOGRAPHY AS TOLD TO CINDY ADAMS [UNDUH]
 
Label Ir. Soekarno
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments