ABC Anarkisme [download pdf] - Alexander Berkman

............................................................................
Judul Ebook  : ABC Anarkisme
Tebal Ebook   : 292 Halaman
Bahasa : Indonesia
...........................................................................

Anarkisme memiliki banyak musuh; mereka tidak akan mengatakan hal yang benar mengenainya. Mengapa anarkisme memiliki musuh dan siapakah mereka, akan anda lihat nanti, di dalam perjalanan cerita ini. Sekarang ini saya dapat mengatakan kepada anda bahwa baik bos politik anda ataupun majikan anda, para kapitalis ataupun para polisi, tidak akan berbicara dengan jujur kepada anda mengenai anarkisme. Kebanyakan dari mereka tidak mengetahui mengenai hal itu, dan semua membencinya. Surat kabar-surat kabar dan terbitan mereka pers-pers kapitalis juga menentang anarkisme.

Apa sebenarnya benda yang kita sebut dengan pemerintah itu? Apakah ia merupakan kekerasan yang terorganisir? Hukum memerintahkan anda untuk melakukan ini dan tidak melakukan itu, dan apabila anda gagal mentaatinya, anda akan dipaksa dengan kekuatan. Sekarang ini kita tidak akan mendiskusikan apakah itu benar atau salah, apakah itu harus atau seharusnya tidak seperti itu. Sekarang ini kita tertarik kepada fakta bahwa hal itu adalah demikian bahwa semua pemerintah, semua hukum dan otoritas pada akhirnya bergantung kepada kekuatan dan kekerasan, kepada hukuman atau ketakutan akan hukuman.

Bagaimana kehidupan manusia pada umumnya sekarang ini? Hampir semua waktu anda diguna- kan untuk memenuhi kebutuhan hidup anda. Anda begitu sibuk membuat sebuah kehidupan sehingga tidak memiliki waktu yang tersisa untuk hidup, untuk menikmati hidup. Bukan waktu maupun uangnya. Anda beruntung apabila memiliki beberapa sumber pendukung, beberapa pekerjaan. Sekarang dan kemudian akan datang kelesuan: setiap tahun dan di setiap negara terjadi pengangguran dan pemecatan ribuan orang dari pekerjaannya.

Saya telah merancang secara umum, garis besar dari kemungkinan-kemungkinan hidup di bawah sebuah sistem yang masuk akal, di mana keuntungan dihapuskan. Tidak begitu penting untuk masuk ke dalam perincian-perincian kecil dari kondisi sosial ter- sebut: yang dikatakan telah cukup untuk menunjukkan bahwa anarkisme komunis memiliki ani kesejahteraan material yang lebih besar dengan kehidupan yang be- bas bagi setiap dan semua orang.

 BACA ONLINE Alexander Berkman
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

2 Comments