Buruh Berkuasa - Kumpulan Tulisan Klasik Anarco-Sindikalisme [download pdf] - Guruh Dwi Riyanto, dkk

............................................................................
Judul Ebook  : Buruh Berkuasa
Tebal Ebook   : 268 Halaman
Bahasa : Indonesia
...........................................................................

Jika Internasional hanya terdiri dari seksi sentral saja, Internasionale mungkin sudah berhasil menyusun rencana untuk menggunlingkan tatanana yang ada sekarang ini. Tapi rencana seperti ini hanya tinggal rencana, karena hal tersebut terlalu lemah untuk mencapai tujuan, Internasionale hanya mampu mengumpulkan segelintir buruh paling setia. Mayoritas berjuta-juta proletar akan tetapi di luar rencana ini. Sedangkan untuk menggulingkan dan menghancurkan tatanan sosial dan pilitik yang sedanng menjepit buruh saat ini, penting artinya untuk menjalin kerja sama dengan jutaan buruh tersebut.

Semua yang manusia pada manusia, dan kebebasan, lebih dari segalanya, merupakan hasil kerja sosial satu kelas. Bebas dalam keterpisahan absolut adalah omong kosong yang diciptkan teolog dan metafisis. Omong kosong itu menggantikan masyarakat manusia dengan masyarakat roh mereka, Tuhan. Semua orang, kata mereka, merasa bebas dalam kehadiran Tuhan, Itu artinya, benar-benar kosong. Di bawah kerak bumi, begitulah kebebasan dari ketiadaan, ketiadaan kebebasan, yang adalah perbudakan.

Pastur dan bangsawan ditelanjangi dan di kalahkan pada 1793. Revolusi 1848 menelanjangi dan membuktikan ketidakberdayaan dan penyalahgunaan jabatan borjuis. Sepanjang hari-hari pada bulan juni 1848, kelas menengah menanggalkan jauh-jauh agama ayah-ayah mereka: perinsip-prisinsip dan landasan agama revolusioner, yaitu kebebasan, persamaan dan persaudaraan. Begitu rakyat menganggap persamaan dan kebebasan dengan serius, borjuis, yang hadir hanya dalah opersai itu, yang bisa dikatatakan melaluis kesenjangan ekonomi dan perbudakan sosial rakyat, mengeluarkan reaksi.

Bagi kaum serikat pekerja, serikat adalah sebuah kombinasi sempurna yang menjawab semua kebutuhan, semua aspirasi, dan karena itu mencukupi untuk semua tujuan. Dia adalah asosiasi yang diangankan kaum "reformis" yang mengambil kesempatan untuk melakukan konflik harian dengan para majikan, untuk peningkatan kondisi kerja, dan untuk menyelesaikan klaim-klaim kecil.

 BACA ONLINE Guruh Dwi Riyanto, dkk
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments