Di Bawah Bendera Hitam - kumpulan tulisan anarkisme kolonial [download pdf] - Alimin Prawirodirdjo, dkk

............................................................................
Judul Ebook  : Di Bawah Bendera Hitam
Tebal Ebook   : 89 Halaman
Bahasa : Indonesia
...........................................................................

Ernest Douwess Dekker, seorang anarkis Indo-Eropa di Hindia Belanda, yang lahir di Pasuruan pada Oktober 1879. Mulanya, Dekker hendak belajar teknik di Belanda. Tetapi karena kekurangan dan, ia tidak bisa berangkat. Baru pada Februari 1910 ia bersama istri dan dua anaknya bisa meninggalkan Jawa dan pergi berkeliling Eropa. Dijk mencatat bahwa Ernest mengunjungi Belanda, Belgia, Saxon, Prussia, Bavaria dan Swiss, dan setelah beristirahat sejenak dengan kembali ke Belanda, Ernest lalu melanjutkan perjalanan ke Inggris dan negara-negara Skandinavia.

Kapitalisme harus diserang di sana, di titik terlemahnya. Bagaimanapun juga, ia tidaklah lemah dalam hubungan sosial dengan para pekerja. Ia telah membuat pekerja menjadi kompetitor tertajam dalam pasar kerja. Yang mana tidak akan pernah berubah, dan karena itu kapitalisme tidak akan pernah dapat dihancurkan melalui jalur parlementerisme. Pemogokan juga akan gagal selama berabad-abad, ketika persaingan pekerja akhir tidak dapat diakhiri.

"Kita akan terus berjalan melawan dan membunuh jika pemerintah terus bertabiat yang begini butuk; jika pemerintah tidak mau merubah kelakuannya itu", Teriaknya pemuda-pemuda (kaum Nihilis) di Rusia, biar perempuan biar lelaki gagah berani sampai mati, sebab berarti suci.

Batas kemerdekaan seseorang itu ialah kemerdekaannya orang dengan siapa ia itu hidup. Hanyalah di dalam keadaan merdeka seseorang itu bisa mendapat bahagia di hidupnya. Ketidakmerdekaan orang lain itu akan mengurangi sekali bahagianya sendiri dan oleh karena itu maka adalah kewajiban seseorang bagi mencapai bahagianya sendiri haruslah menghormati kemerdekaan orang lain.

 BACA ONLINE Alimin Prawirodirdjo, dkk
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments