Mengenang Spanyol: Revolusi Anarkis dan Sindikalis 1936 [Unduh pdf] - Murray Bookchin

............................................................................
Judul Ebook  : Mengenang Spanyol: Revolusi Anarkis dan Sindikalis 1936
Tebal Ebook   : 278 Halaman
Bahasa : Indonesia
...........................................................................

Para jendral Spanyol memulai pemberontakan militer pada bulan Juli 1936, para pekerja dan petani Spanyol meresponnya dengan revolusi sosial dan revolusi ini sebagian besar bersifat anarkis. saya mengatakan ini secara provokatif meskipun secara jumlah sosialis UGT sama besarnya dengan anarko-sindikalis.

Dibandingkan dengan kota-kota, desa-desa Spanyol yang berkomitmen terhadap anarkisme menimbulkan sedikit masalah organisasi. Meskipun Brenan menekankan pada bracero, kekuatan anarkisme agraria di selatan dan Levante terdapat di dalam desa-desa pegunungan, bukan di antara ploretar pedesaan yang bekerja di perkebunan besar Andalusia.

Meskipun aspek-aspek tertentu dari revolusi libertarian di Spanyol telah kehilangan relevansinya, konsep-konsep anarkis sendiri yang dapat mencangkup dan sepenuhnya mengekspresikan "mentalitas pasca-kelangkaan" dapat jauh lebih relevan dengan masa kini daripada ideologi otoriter tahun 1930-an, terlepas dari kecendrungan ideologi ini untuk mengisi kekosongan yang ditinggakan oleh adanya organisasi dan alternatif libertarian yang bermakna.

Mungkinkah peperangan revolusioner mengalahkan Franco? dengan ini yang saya maksud adalah perang politik yang sesungguhnya yang berusaha merebut hati rakyat spanyol, bahkan kelas buruh internasional, yang memperlihatkan ukuran kesadaran dan solidaritas kelas yang tampaknya monumental menurut standae masa kini.

 BACA ONLINE Murray Bookchin
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments