The Magic of Reality: sihir realitas - Richard Dawkins

............................................................................
Judul Ebook  : The Magic of Reality
Tebal Ebook   : 276 Halaman
Bahasa : Indonesia
...........................................................................

Semua bangsa di dunia memiliki mitos asal-usul, untuk menjelaskan dari mana mereka berasal. Banyak mitos asal-usul suatu suku hanya berbicara mengenai suku itu saja—seolah-olah suku-suku lain tidak ada artinya! De ngan cara yang sama, banyak suku punya aturan bahwa mereka tidak boleh membunuh manusi—namun “manusia” ternyata hanya berarti ang- gota-anggota suku yang sama. Membunuh anggota suku-suku lain sih boleh-boleh saja!

Apa yang kita dapat bila kita terus memotong-motong benda menjadi semakin kecil? Peradaban-peradaban kuno di Y unani, Tiongkok, maupun India tampak nya telah mencapai gagas an yang sama bahwa segala sesuatu terbuat dari empat “unsur”: udara, air, api, dan tanah.

Bila bintang raksasa seperti R136a1 memiliki planet, planet-planet itu pastilah sangat jauh darinya, kalau tidak planetnya akan langsung terpanggang menjadi uap. Gravitasinya sedemikian besar (akibat massanya yang besar) sehingga planet-planetnya bisa jadi terletak sangat jauh dan tetap tertahan dalam orbit di sekelilingnya. Bila ada planet semacam itu, dan ada yang tinggal di situ, R136a1 barangkali akan terlihat sama besarnya bagi mereka seperti Matahari bagi kita, sebab walaupun R136a1 jauh lebih besar, letaknya juga sangat lebih jauh—harus di jarak yang tepat dan ukuran tampak yang tepat untuk mempertahankan kehidupan, kalau tidak kehidupan tidak akan ada di sana!

Di California pada Maret 1997, kultus religius bernama Heaven’s Gate menemui akhir menyedihkan ketika ke-39 anggotanya meminum racun. Mereka bunuh diri karena percaya UFO dari luar angkasa akan membawa jiwa mereka ke dunia lain. Ketika itu komet terang bernama Hale-Bopp terlihat jelas di langit dan kultus itu percaya—sebab pemimpin spiritual mereka menyampaikannya kepada mereka—bahwa pesawat antariksa asing menyertai komet itu dalam perjalanannya. Mereka membeli teleskop untuk mengamatinya, namun mengembalikan teleskop itu ke toko karena “tidak berfungsi”. Bagaimana mereka tahu teleskop itu tidak berfungsi? Karena mereka tidak bisa melihat pesawat antariksa itu menggunakan teleskop tersebut!

 BACA ONLINE Richard Dawkins
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments